Ketika Sikap Orang Lain Tidak Sesuai Harapan

Pernahkah kita dikecewakan, dibuat kesal dengan perilaku orang lain ?

Diberi janji namun tidak ditepati,

Diperlakukan sewenang-wenang,

Diomongin dibelakang, manis di depan dan kurang manis dibelakang kita

Diperlakukan acuh tak acuh,

kurang dihargai,

 

Di under-estimate,

dan masih banyak lagi….

Pasti ada rasa kesal dan berharap dia berubah atau bahkan menggumam jelek untuk mereka.

Pernahkah kita berfikir bahwa itu adalah peringatan dari Allah,

Bahwasanya perilaku mereka adalah cerminan dari apa yang telah kita perbuat,

Kita pernah melakukan hal yang sama dan betapa menyakitkannya saat kita menerima perlakuan tersebut.

Maka jadikanlah momen ini untuk ber instropeksi diri, memohon ampun sebanyak-banyaknya, mengucap banyak syukur karena telah di ingatkan, dan tak lupa mendoakan teman atau kolega kita agar kita agar diberi kemudahan untuk berubah menjadi lebih baik 🙂

Selamat Berakhir Pekan,

Dari admin yang amat jauh dari kata sempurna

 

 

 

 

First Experience Umroh – Part 1 : Persiapan

IMG_2625.JPG
Spoiler biar makin kenceng doanya buat ke Baitullah 🙂

Bismillahirrahmanirrahiim,

Alhamdulillah, Dengan Ridho dan KeAgungan Allah akhirnya saya bisa menjejakkan kaki di Baitullah. Berkesempatan mengunjungi kedua kota yang Tidak akan dikunjungi oleh Dajjal yaitu Makkah dan Madinah. Dari mulai daftar, sehari menjelang keberangkatan bahkan sampai di Jeddah masih ngga percaya kalau akhirnya diberi kesempatan untuk Umroh. Well , berikut tahapan yang saya lalui dari mulai daftar hingga pulang kembali ke Indonesia

Daftar Umroh Reguler

Sedikit cerita, saya sudah bergabung dengan grup FB Umroh Backpacker sejak akhir tahun 2015 karena waktu itu niat saya lagi tinggi tingginya pengen Umroh. Karena merasa terlalu duniawi. Kerjaan berasa hambar karena muaranya masih terlalu duniawi dan nggak ada output nyata pencapaian dalam hal ibadah. Okay, karena masih terkendala izin dan faktanya saya juga belum ada tabungan yang cukup well harus ditunda dulu. Sampai pada akhirnya di akhir maret, di grup ada yang posting Promo umroh reguler untuk keberangkatan Akhir April (24 April) bertepatan dengan Isra’ Mi’raj. Alhamdulillah ibu mengizinkan dan saya langsung eksekusi daftar di 2 hari berikutnya.

Nah berikut dokumen untuk proses pendaftarannya :

  1. Passport Asli
  2. Pass Photo 4 x 6 ,  4 lembar ( Background putih, 80 % Bagian Muka)
  3. Surat Nikah Asli bagi suami istri
  4. Akte Kelahiran dan KK Asli bagi anak yang berangkat beserta orang tua atau hubungan adik – kakak

Karena saya berangkat sendiri. Jadi Dokumennya cukup point 1, 2 saja yang dikirim ke travel agent nya setelah bayar DP. Passport nya Asli ya. Karena saya kelamaan kirim passport asli, jadinya deg deg an nungguin visa keluar karena udah mepet banget dengan tanggal keberangkatan. Jadi saya daftarnya kurang dari sebulan tanggal keberangkatan, yah bisa dibayangin kalau saya nyerahin passport asli nya kelamaan jadi deg degan banget takut visa nya ngga keluar. Well karena ini pengalaman saya pertama kali dan jalan sendiri hahaa rasanyaaaa dag dig dug dan nano nano banget. antara excited, happy, senewen sama travel nya takut ngga berangkat dan uangnya hangus. Haha

Persiapan Menjelang Keberangkatan.

Alhamdulillah, semua usaha yang muaranya untuk Ibadah insyaAllah dimudahkan oleh Allah. Jadiiii dengan kemepetan itu dan segala step yang rasanya hampir mustahil saya lalui versi kacamata manusia hina macam saya, H-2 saya telfon travel akhirnya visa saya sudah jadi . Yeaaay (sempet esmosi karena H-3 visa belum keluar wakakaka) . Untuk bisa berangkat umroh selain visa umroh ada dokumen lain yang harus di urus sembari sudah terdaftar sebagai peserta . Berikut list nya :

  1. Kartu Kuning, bukti kalau kita sudah vaksin meningitis.

Alhamdulillah tahun ini masa berlaku vaksin tersebut adalah 3 tahun (sebelumnya cuma 2 tahun). Kebetulan saya vaksin nya di RS Persahabatan. Lumayan sepi dan cuma 3 orang antriannya haha. Saya kesana hari kamis jam 1 an. By theory harusnya udah tutup tapi Alhamdulillah perjuangan dari cikarang ke rawamangun terbayar. Ternyata pendaftaran masih buka. Dan setelah bayar diberi kesempatan buat sholat dulu.

Dokumen yang perlu disiapin untuk vaksin adalah

a. Fotokopi KTP

b. Fotokopi Passport ( saya lupa aslinya perlu atau engga) . Dan inilah yang membuat saya kelamaan ngumpulin passport asli. karena saya belum ada kartu kuning.

Setelah serahin dua dokumen diatas, kita bakalan dikasih formulir untuk diisi dan petugas akan inputin data kita (sepertinya ini yang bikin rada lama nunggunya). Kalau saya baca di blog blog orang. Kita bisa daftar online untuk vaksin nya . Bahkan ada RS yang mewajibkan untuk daftar online. Eh btw sebenernya vaksin meningitis itu bisa di Kantor Kesehatan Pelabuhan, karena lumayan jauh tempatnya dan antrinya katanya luar biasa. Jadi mending di RS saja.

Setelah selesai isi formulir, kita bakalan diarahin ke ruangan untuk bayar vaksin nya. Amannya bayar cash aja ya. Seingat saya debit ngga bisa. biayanya 305 ribu rupiah per April 2017.dan setelah itu akan masuk ruang tunggu untuk vaksin. Suntik vaksin nya nggak sampai 5 menit dan langsung dapat kartu kuning di ruangan suntik. Cepeeet banget. Alhamdulillah

2. Surat Mahram

Karena saya berangkat sendirian dan usia dibawah 40 an jadi diwajibkan bikin surat mahram. Tenang masalah ini sudah diurus oleh travel kok. Tapi kita perlu bayar uang tambahan haha. Biayanya sekitar 250 rb.

Notes : Bagi temen-temen cewe alangkah lebih baiknya kalau pergi umroh itu sama mahram 🙂

Dokumen sudah, nah sekarang barang barang yang perlu di packing versi saya dan kebetulan waktu itu umrohnya 9 hari.

a. Baju  + Kerudung + Kaos Kaki + Sarung Tangan (Telapak terbuka)

Bajunya bisa gamis atau setelan tapi paling nyaman sih gamis. karena cuma sepotong haha. Karena saya jarang pakai gamis, jadi sempet galau. Umroh 9 hari ? 9 gamis? what . Ngga ada baju segitu. akhirnya belanja belanja. Ya tapi ngga 9 juga sih bawanya. Nah jadi waktu saya umroh, cuacanya amat sangat mendukung untuk nyuci baju sendiri. Haha saya nyuci gamis yang gede itu dan dijemur di kamar mandi yang super tertutup. Kering dong dalam waktu sehari. Luarrr biasa. Dan ibu ibu dikamar juga pada bawa baju sedikit jadi kopernya enteng dan  banyak spare untuk barang belanjaan. Haha

Kalau sarung tangan dengan telapak terbuka itu ngga wajib sih soalnya kalau kerudungnya panjang banget dan nutupin tangan jadi gaperlu pake sarung tangan itu. Saya juga tau nya dari ibu ibu yang lain pas mau berangkat. Oke anyway amannya beli aja. Saya beli di pasar baru bandung harganya 10 rb an.

b. Perlengkapan Mandi + Perlengkapan Sholat

Sebenernya kalau hotelnya bagus, bakalan dikasih sabun sama handuk sih. Cuma antisipasi aja jadi bawa perlengkapan mandi secukupnya plus handuk juga. Kalau sudah biasa ngga pakai mukena. Jadi gaperlu bawa mukena sih, karena saya indonesia banget jadi saya terkadang pakai mukena. Oiya, kalau datang sholatnya mepet (30 menit sblm adzan itu sudah mepet loh ya haha) suka ngga kebagian sholat di dalam masjid, jadi sholatnya di pelataran masjid. Jadi bawalah sajadah. Saran saya sih bawa yang tipis aja biar enakeun. Daaan jangan lupa bawa petroleum jelly ya, di sana bibir pecah pecah dan kulit kering banget. Waktu itu saya beli merk vasellin* hargannya 55 rb an itu udah dapet yang gede. Bisa beli di toko peralatan haji dan umroh. Saya waktu itu beli di pasar baru bandung

c. Sandal + Kantong Plastik + Botol Minum

Haha paling nyaman itu pakai sendal kalo ke masjid. Tapi ini subyektif saya ya. Dan kalau bisa setiap ke masjid bawa kantong plastik buat nyimpan sendal. Jangan ditaruh diluar loh ya haha. Bawa aja ke tempat sholat, kali aja keluarnya beda pintu. Bakalan heboh sendiri ntar cuma nyariin sendal doang. Okaay tiap ke masjid enaknya bawa tas kecil. bisa diisi mukena sajadah sama botol minum. Bawanya botol kosongan aja, di masjid bisa diisi air zam zam.

d. Gunting

Gunting ini dipakai buat tahallul, daripada nyari pinjeman mending bawa sendiri. Oiya gunting nya jangan ditaruh di kabin ya. Taruh di bagasi aja, masukin dalam koper besar.

e. Obat-obatan Pribadi

Ini Penting banget. Buat yang punya penyakit yang rada sering kambuh, bawalah obat-obatan pribadi. Walaupun ada supermarket besar yang menjual obat-obat khas indonesia seperti panad*l, mixagr*p dkk. Tapi rada Pe er kalau harus belanja belanja ke supermarket. Alternatifnya kalau harus ke apotek-apotek dekat masjid, adanya obat-obat subsitusi yang sebenernya kandungan sama dengan obat yang kita butuhkan namun dengan merk yang berbeda. Jadi alangkah lebih baik keliling buat cari obat digunakan  untuk aktivitas lain. Dan lebih baiknya semoga selama ibadah diberi kesehatan jadi tidak perlu obat-obatan 🙂

f. Aktivasi Paket Data dan Telfon 

Bagi saya pribadi, ternyata cukup berguna aktivasi paket umroh sebelum keberangkatan. Karena rada susah kalau aktivasinya pas di mekkah atau madinah, kalau melihat pengalaman jamaah lain. Dan ketika sampai disana kita tidak langsung bisa menemukan si mamang mamang penjual kartu perdana. Saya pengguna kartu Indosat Ooredo. Aktivasinya bisa dilihat di link berikut :

https://indosatooredoo.com/id/personal/producttariff/international-roaming/promo-international/promo-umroh6

Kalau temen-temen pake kartu yang lain, cara aktivasi nya bisa gugling aja ya. Keywordnya “Aktivasi Paket Umroh *namaprovidernya*” .

Biayanya normalnya sekitar 350 rb an. Ya kurang lebih lah. Udah dapat paket komplit jadi bisa internetan,telfon dan SMS. Walaupun sejujurnya aktivitas browsing atau maen socmed bener bener terminimalir disana sih. Haha at least biar tetep keep contact sama keluarga.

g. Uang Riyal Secukupnya.

Last but not least, uang Riyal. Haha kalau saya ngga bawa sama sekali karena pengalaman dari temen temen yang sudah umroh, disana banyak ATM jadi bisa tarik tunai disana. Karena saya mager, walaupun tinggal nyeberang hotel doang malesnya minta ampun. Mending kalau udah kepepet baru ambil Riyal. Toh makan sama semuanya udah ditanggung. Hikmahnya adalah hasrat untuk belanja amat sangat terkontrol. Setelah ambil duit baru kalap. Jadi amannya bawa Uang Riyal dari Indonesia secukupnya saja, paling buat ngemil kalau belum nemu ATM. Heheu

Naaah itulah, sharing dari saya mengenai dokumen dan hal apa saja yang perlu dipersiapkan saat pendaftaran dan apa saja yang perlu dipersiapkan menjelang keberangkatan. Barang barang diatas murni subyektif dari saya ya, yang saya list yang pokok pokoknya saja pasti temen-temen punya barang bawaan lain yang perlu banget dibawa saat perjalan jauh. Da intinya mah persiapkan hal yang terbaik untuk menuju Rumah Allah :).

Oiya sedikit tambahan, dari yang saya baca untuk para wanita ibadah Umroh ini adalah bagaikan Jihad nya wanita. Jadi semoga Allah memudahkan langkah kita menuju Baitullah. Aamiin

Segala kekurangan dan ketidaksempurnaan milik saya semata. Semoga bermanfaat 🙂

 

Bandung, 20 Juli 2017

Happy Baking- Pie Susu Ala Ala

My First Trial on Making Pie Susu,

“Pie Susu Ala Ala”

Resep :

Kulit Pie (crust)

200 gr Margarin

300 gr Tepung Terigu

6 sdm Gula Halus

1 butir telur

Fla

200 ml susu UHT Full Cream

2 butir telur

1 sdm tepung maizena

2 sdm gula pasir

Cara Pembuatan

Kulit Pie (crust)

  1. Campur Margarin dengan tepung terigu hingga tercampur rata. (butiran tepung dan margarin terikat satu sama lain,ciee) tekstur seperti butiran pasir
  2. tambahkan telur dan gula pasir
  3. Uleni hingga kalis (tidak lengket di bowl atau di tangan)
  4. Pipihkan adonan kulit di teflon. Usahakan tidak terlalu tebal
  5. Tusuk tusuk adonan pipih tadi dengan garpu.agar panas merata

Fla Susu :

  1. Campur susu, telur, gula pasir dan maizena
  2. Kocok hingga tercampur rata
  3. Saring fla
  4. Masukkan fla keatas kulit pie
  5. Panggang Pie susu dalam teflon kurang lebih 15-45 menit dengan api super kecil hingga fla menjadi padat.

Taraaa pie susu ala ala , pie susu teflon (bentuk masih berantakan)

Pie Susu

els,

Jakarta, 10 April 2016

# Happy Crochet – Simple Mobile Phone Case

This is my first work on crochet.A little bit mess up but i fell happy and satisfied finally i can use it in my daily life.

Yeaaaa ” Simple Mobile Phone Case”

Simple Mobile Phone Case
Simple Mobile Phone Case

Made from two combination of cotton yarn with mix color called “Katun Sembur”. Using single crochet and double crochet. Yeaaaay

els

24 Jan 2015

Self Motivation

Berbahagialah ! Allah selalu bersamamu,Malaikat senantiasa mendoakanmu dan Surga menanti Kedatanganmu 🙂

Just a kind of self motivation for me and as a reminder when suddenly i feel that i’m so down like now.Hmm someday i’ll find the way.

When someone do Bad at you,pray for them. hopefully Allah forgive us and them.and may Allah not letting us to be like them.Hihi

#2 Random Walk – Surabaya Jakarta

At the end of Year 2014, i just hope to got a long holiday. And i got it Yeaaaay. So at that time i can go home. Meet my mother, my sister and my grandmother at my hometown not meet my Dad 🙂 Because i always meet him through another dimension of life. Hihi Hopefully he always happy over there and May Allah always Blessed him.

Also at that time i can gather again with my lovely high school friend Yes “Viters” every year we always make and agenda to catch up twice in a year.Aaaand as always we always take some photo with special dress code every year. Here is one of our photo taken at Mojokerto, My hometown

Looks How Happy We Are
Looks How Happy We Are

Yeaaah i’m quite happy that day. Meet my family. Talking much with my family, my friends and some of my teacher when i still on elementary school and also from my junior high school. Uuugh time flies so fast. and I learn so much about life. Not to say that its time to stop to learn. But its mean i have to be more wise and make a mindset “Never Stop To Learn Until Die” Hihi

Haha i’m quite happy. At monday, Dec 29, 2014 i have to go back to my real world. Yeaaaah Jakarta Again . The city where i try to enjoying life.My flight should be at 8 p.m but the flight was delayed. so i move to the previous flight which should be depart at 7 p.m but delay time.make the previous flight departure at 8 p.m too.Haha

I just realized that i will face the problem like when i go back from Bandung. Yeaaah over night and no safe transportation. Hihi. I arrived at Jakarta at 9.30 p.m move out from airport i go to my boarding house by Damri and pay IDR. 40 K to go to Raawamangun. Yeaaah the final destination so close my boarding house.I’m so tired. my phone as always lowbat. so sleepy and i sleep almost along the journey.Luckily i got up when i arrived at rawamangun. Yeaaah

What a terrible fate !! hihi i dont have the key to open the gate of my boarding house. The gate was closed. No one woke up to open the door. it almost 12 a.m I ‘m going frustrated. so i go to my friend’s boarding house.but the door is closed and i cant contact her.because my phone was lowbatt.So i was delight my self that time. i go to minimarket to charge my phone. It was so terrible . there are a lot of man. they are playing some games. talking each other. one of them in different table was phone someone so long while drinking a beer. Hmmmm i dont want to stay for a long there. after i can send one chat to my friends although no response because she was asleep. i move out from that place in a rush. Hope nothing bad happen to me. Finally i got a bright idea. Yeaaaaaa GO TO MOSQUE !!! safe place

at least i dont meet terrible guy. Yeaaa that time i have the time to sleep in the mosque almost the same with homeless guy. But i believe there will be a great lesson behind that situation.

I cant sleep over the night. the place was dirty. there cockroach walking like model in a catwalk. Uuuugh. after it disappear. i try to sleep. but i just remember that i havent yet to take a pray. So i take a pray after tayammum.because i cant get water there.the door is closed to enter the toilet. Hmmm at least if i die that day. i have just to take a pray. Hmm

Try to sleep again, there are a lot of mosquito.yeaaaah a lot. i just wonder tomorrow morning i have to work. Hmmmm finally at 3 a.m i go to my boarding house after call for many times and no response i stay almost two hour in front of the gate. with really smelly water channel and some guy that walking across the house. That time i really looks like homeless guy. Hahahahaha

Finally at 5 p.m the boarding house owner wake up and open the gate after i make some annoying call. Forgive me mom. i dont talk anything. just feel usual feeling. she may be now that i just come back from surabaya at 5 p.m. Haha

Okaaaaay, it was my random walk.unforgetable moment. my big learning point are first i have to make sure that my phone is always enough of power. I have to regularly charge my phone if possible i have to buy a power bank. aaaaand i I think it is the main point that i have to make a pray is a priority when i have a long journey. I think at that time i almost skip to pray Maghrib. Luckily i remember when i sleep at mosque. So i pray Maghrib and Isya at that  same time.

Hihi, With Love and Happily Smile

Mojokerto-Surabaya-Jakarta, 29-30 Dec 2014

-els-

#1 Random Walk – Bandung

So just throwing back the day into Yesterday, i’m going to Bandung. A lovely place where i spend almost four years to Take a study at ITB, Learn something new about imagination of life, know and learn to understand another type of people diversity where happiness and sadness mix each other and give a result as a wonderful experience. Well, very happy for me to get a chance to visit this place again. Yeaaay and i got it yesterday.
One moment that could be a big reason why i should go there is my friend’s wedding,Lathifa and Hanif.Haha though it was a big reason for me.i still can do something in Bandung, joining seminar, hunting for a discount aaaand bring something useful from my boarding house in Cisitu.haha
But, here i dont want to tell more about what i’ve done there, i just want to share my experience when i going back to Jakarta. to continue my life, to work aaaaand learn something.
After hunt for a discount in one of moslem boutique there, finally i have to go to cisitu and bring some stuff there. then go to the market in rush.why because the time shows 5 p.m it means the market will be closed and i cant fulfill my promise to my friend to buy a scarf for her. hiks so after a little struggle finally i can find one stand in the edge of street. Hmmm so lucky. but the story wont end here. i still have to look for a bus to bring into Bus Station,Leuwi Panjang. After walk for a moment while bring a heavy stuff (stove, magic com, some clothes, etc haha) i can find a Local Bus.Yeaaaay arrived at Bus station, we are welcomed by a light rain. Yeaaah Bandung always rainy and rainy. but it’ll always make Bandung lovable and peacefully place.Hiks
Thanks God, i get the Bus to go back to Jakarta. The last Bus that will go to Jakarta. So lucky i get the chance.Hihi
In my prediction, i’ll arrive at Jakarta at 8 or 9 p.m hmmm at least it will safe for me as women to go to my boarding house by local bus or taxi alone. so i can sleep well for first two hour. Yap i always can sleep well when entering the car,bus or train. that’s why i like to go far.haha
Time shows 8 p.m and slow moving into 9 p.m but no sign that i’ll be arrived in Jakarta for a little time again. Hiks
i’m going not calm, and seeing my watch again and again. hmmm i cant cooling down and i cant sleep. time shows 10 p.m. i’m going frustrated because the journey is still long. its rainy and the Bus cant increase the speed.hiks the only one I remember only Allah. i dont know what will happen to me. my phone is lowbat. i cant contact someone. seems so excessive. but i always still unsafe here. Yes i cant sleep and restless.
Time shows 10.30 p.m and finally i ask to the driver partner to stop near my boarding house. But he said, i cant . Hiks
one people beside me hear my request,he said he also want to stop at the same place with me. Hmm i’m a little bit surprise but not more.because he also a new comer here. less than me. so strange because since the first moment we sit in the bus we only interact for a little.just offering some food only that. and i sleep as always.haha
he ask me some place near my boarding house, ask about a boarding house to rent daily but i dont know.haha
Finally i arrived in Jakarta. i just forget our interaction and walking down exit the bus. and meet some taxi driver and motorcycles there. hmm as always they always bothering by offering a high cost. hmm spontaneously i reject the offering. although i still dont know how i can go to my boarding house. But a people said behind me

” We can Share ”

Hmm without thinking too much.  i just believe he is a good people. i’ll be safe and i just blame myself why i dont interact and being friendly. Haha

So the taxi bring us to our destination, i go to my boarding house and he with his brother go to Bus station to buy ticket to Medan. Hmmm so lucky i can meet a kind people so i dont have to go home alone. Haha

He got the ticket and get a boarding house to rent for one night. So at least there isnt a big problem for us. Ohh Thanks God. I can go home safely although its rain hard. Buuut, i can go home nothing bad happen to me. Aaaaand i dont have to pay the taxi’s cost. Haha what a kind people :). So at that night i have some valuable experience that make me smile and be thankful to my beloved God.

Thanks Allah, Alhamdulillah You always helping me in every moment 🙂 🙂

Bandung – Jakarta , 21 Dec 2014